Resep 'Cinnamon Rolls' I

Ada banyak resep Cinnamon Roll di luar sana (baca: internet). Sudah banyak pula yang saya pernah coba, salah satunya adalah resep ini ang paling lumayan menantang, dengan hasil yang paling bombastis juga. 

Aslinya, ini adalah resep 'Morning Buns' dari Bon Appetit yang saya adaptasi sedikit. Morning Buns, karena idealnya adonan disiapkan malam sebelumnya, lalu dipanggang pada pagi hari untuk sarapan. 

Lumayan repot memang. Tapi dibandingkan resep yang lain, anehnya resep ini paling 'fool proof' alias anti gagal. 








Resep Cinnamon Rolls (Morning Buns)

Bahan-bahan untuk adonan: 
1 sdt ragi instan 
1/2 cangkir (125 ml) susu hangat + 30 ml susu dingin 
2 butir telur, dipisah + 1 kuning telur 
225 gram tepung terigu protein tinggi (bread flour) 
64 gram tepung gandum (atau bisa diganti dengan tepung terigu biasa) 
1 sdt garam 
1 sdt ekstrak vanili 
113 gram mentega tawar

Bahan untuk isian: 
75 gram brown sugar
1/2 sdm kayu manis bubuk
1/4 cup / 85 gram madu 
4 sdm mentega tawar 

Bahan untuk topping
2sdm /45 ml madu 
2 sdm mentega tawar
gula putih untuk taburan 

Cara membuat: 
Adonan Roti 
1. Campur susu hangat, ragi dan sedikit madu. Diamkan sekitar 5 menit atau hingga ragi mulai berbuih. Tuang ke mangkok mikser 
2. Masukkan putih telur, madu dan separuh tepung terigu. Aduk dengan kecepatan tinggi hingga adonan tercampur rata (mirip adonan cake), sekitar 3 menit. 
3. Taburkan sisa tepung terigu dan tepung gandum di atas permukaan adonan, jangan diaduk, diamkan sekitar 30 menit di tempat hangat (temperatur normal dapur pada umumnya di iklim tropis). 
4.Masukkan garam, kuning telur, dan 30 ml susu dingin, aduk menggunakan mata pengaduk bentuk spiral atau hook pada mikser dengan kecepatan rendah hingga adonan lumayan tercampur. (akan masih ada bagian-bagian kering). 
5. Sampai tahap ini, kalau Anda menggunakan mikser dengan kekuatan yg cukup (standing mixer) naikkan ke kecepatan sedang hingga adonan kalis. ATAU jika hanya menggunakan mikser genggam, pindahkan adonan ke permukaan bersih dan uleni dengan tangan hingga kalis, sekitar 10 menit. Kalau adonan masih terasa terlalu basah, bisa taburkan sedikit tepung.
6. Campurkan mentega sedikit demi sedikit ke dalam adonan hingga merata. 
7. Kembalikan adonan ke dalam mangkok pengaduk, tutup rapat (bisa menggunakan cling film/plastic wrap) simpan dalam lemari es semalaman atau hingga 16 jam. 


Isian
Campur semua bahan ke dalam panci, masak di atas api sedang hingga tercampur rata. Sekitar 5 menit. Sisihkan hingga dingin.  

Tahap menggulung adonan 
1. Kempeskan adonan yang sudah mengembang, uleni halus di atas permukaan rata, lalu gilas adonan menjadi sekitar 40 x 30 cm dengan ketebalan tidak lebih dari 1 cm. (untuk memudahkan proses penggulungan) 
2. Tuang adonan isian ke atas permukaan adonan, ratakan dengan menggunakan spatula. 
3. Gulung adonan dari sisi panjang, pindahkan adonan ke kertas alas panggang/roti. 
4. Panaskan oven ke suhu 180 derajat celcius. 
5. Keluarkan adonan dari lemari es, potong menjadi 12 bagian (sekitar 3cm), dan pindahkan ke dalam loyang muffin yang sudah diolesi minyak atau margarin, dan diamkan hingga mengembang, sekitar 20 menit. (kalau tidak ada loyang muffin, bisa menggunakan loyang kue biasa, seperti yang saya lakukan di foto terakhir) 
5. Panggang selama 30 menit atau hingga kecoklatan, keluarkan dari oven. 

Sebelum disajikan:  
Panaskan 2 sdm mentega tawar bersama dengan madu, lalu oleskan ke atas roti, sebelum akhirnya, sebagai sentukan terakhir, taburkan dengan gula putih. Cinnamon rolls siap disajikan! 

 

Comments

Popular Posts