[Resep] Berries Scones (Scones Buah Beri)

Ada yang menarik perihal makhluk bernama scones ini. Pertama saya banyak dengar pun dari buku-buku resep karangan orang Inggris, karena dari sana lah kue padat ini berasal. Scone, yang kadang dilafalkan 'skon' atau 'skoun',  pun identik dan menjadi kudapan wajib acara minum teh sore para bangsawan Inggris. Hingga ada 'paket' minum teh yang dinamakan cream tea atau Devonshire tea di daerah sekitaran Devon, Inggris, yang 'mewajibkan' untuk memasangkan teh harus dengan scones-nya.



Namun entah kenapa, scones ini pun nggak terlalu populer di Indonesia. Mungkin karena rasanya yang sangat polos, dan cara memakannya yang arus dengan clotted cream (krim yang sangat padat, dan agaknya kurang populer di Indonesia) dan selai manis. Saya pribadi, jujur belum pernah makan scones yang segitunya, jadi ya nggak pernah untuk coba buat. 

Beda dengan yang versi kedua, versi Amerika yang tidak seperti 'nenek-moyangnya' di Inggris, hampir selalu manis, bertekstur sedikit lebih lembut seperti cake, dan selalu dimodifikasi dengan berbagai tambahan seperti buah, coklat, rempah, dll. Scones Amerika ini, tidak perlu ditambah apa-apa lagi saat dinikmati. Lucunya, yang polos seperti scones Inggris sebenarnya populer juga di Amerika, tapi dinamakan biscuits, dan lebih sering dinikmati sebagai pendamping makanan gurih.



 Scones Amerika yang pertama saya coba, adalah ketika Neneknya suami saya bawakan kami blueberry scones dari bakery favoritnya di Omaha (saya lupa namanya). Sejak itu, membuat scones jadi salah satu tujuan hidup saya, seperti belajar bahasa Spanyol, yang sampai sekarang nggak kesampean juga. 




Setelah saya coba beberapa resep, ternyata scones ini luar biasa gampang dan cepat dibuatnya. Nggak perlu proofing, mengulen terlalu lama, nggak perlu pakai mikser & mangkok.(males nyucinya bok), dan yang paling penting, mustahil bantat. 

Resep yang saya bagi ini adalah resep dasar yang bisa diganti dan dimodifikasi sesuka hati. Kuncinya, harus hapal tekstur adonan akhir sebelum dipanggang. Kalau sudah tahu harus seperti apa basah/keringnya, tukar-tukar bahan jadi lebih mudah. 

Resep Scone Buah Beri  (8 scones)

Bahan-Bahan:
2 cups/250 gram tepung (plus beberapa sendok makan untuk menguleni adonan)
1/2 cup/100 gram gula pasir
1 sendok makan baking powder
3/4 sendok teh garam 
1/2 cup/113 gram mentega tawar dingin, dipotong kecil-kecil, simpan dalam lemari es/freezer sampai siap diaduk
1 telur, dari lemari es 
1/2 cup (125ml) krim kental atau 100ml susu 
1/2 sdt vanili (optional) 
1 cup beri segar atau beku
sedikit susu atau krim kental untuk mengolesi adonan (optional) 
Gula pasir untuk taburan 

Icing Sugar (optional):
1/2 cup/60 gram gula bubuk 
2-3 sdm susu cair 
1/4 sdt vanila 


Cara: 
1. Panaskan oven hingga 180 celcius.
2. Campur tepung, gula pasir, baking powder, garam, masukkan kulkas sampai siap diaduk dengan bahan basah. (Campurkan rempah di tahap ini jika menggunakan) 
3. Campur susu/krim, telur, vanili, sisihkan
4. Masukkan mentega ke dalam bahakn kering, aduk cepat dengan pastry cutter atau garpu hingga tidak ada lagi gumpalan mentega yang terlalu besar. Tapi pastikan mentega Anda tidak sampai cair--kalau adonan sudah tidak dingin lagiu, sebaiknya masukkan adonan ke dalam kulkas sampai mentega 'beku' lagi. 
5. Masukkan buah beku, aduk-aduk, lalu masukkan campuran bahan cair ke dalam adonan tepung, aduk-aduk lagi. Setelah itu, pindahkan ke permukaan rata dan taburi 1-2 sdm tepung, uleni 3 sampai 6 kali saja. Taburkan tepung terigu lagi jika permukaan terlalu lengket. 
7. Bulatkan adonan, dan pipihkan dengan tebal sekitar 3 cm dan lebar 20 cm, potong menjadi 8. (lihat gambar di bawah, saya gambar karena lupa foto :p ) atau bentuk apapun sesuka Anda. Yang penting, ukuran diusahakan sama.

8. Susun di atas loyang panggang, olesi dengan sedikit susu/krim kental, lalu taburi dengan gula pasir (opsional) 
9. Panggang selama 15-20 menit. 
10. Setelah matang, bisa langsung dinikmati selagi hangat, atau diamkan sampai dingin jika mau dibubuhkan icing sugar. 





Comments

  1. yeeeeyyy.. resep idoolllaaaaa akhirnya muncul. gue masih terngiang-ngiang di lidah bagaimana enaknya scones ini wee.. nomnomnom.. semoga saya berhasil (dan berniay buatnya)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, pembaca setiaku akakaka

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts