[Resep] Hola Granola! (Gluten-Free)


Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya saya berhasil juga membuat granola clusters (gumpalan) impian, yaitu granola yang renyah, tidak terlalu manis, dan tentu tetap sehat tanpa menggunakan tepung terigu, minyak sawit, dan tanpa penggunaan gula tebu.

Kenapa nggak beli saja sih? Memang sudah banyak produsen granola lokal yang membuat campuran granola yang tak kalah enak dengan di luar sana. Seperti misalnya merk granola favorit saya, Granola Creations asal Bali yang membuat granolanya dengan kacang-kacangan dan buah lokal, tanpa mengorbankan rasa. Tapi pada dasarnya, saya hobi berhemat; satu pak Granola Creations, harganya berkisar antara 70-80 ribu, dan hanya bisa ditemui di supermarket premium seperti Kem Chicks, Ranch Market atau Grand Lucky. Tentu akan lebih hemat kalau bikin sendiri toh?






Tantangan paling besar buat saya adalah bagaimana membuat granola renyah tanpa bantuan tepung terigu dan minyak jenuh. Setelah tengak tengok beberapa resep dan tips di internet, ternyata kuncinya adalah: putih telur.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana agar granola yang saya buat matang merata. Beberapa kali saya coba, seringkali bahan-bahan yang saya campurkan tidak matang bersamaan, alhasil, kadang kacang-kacangnya keburu gosong, padahal oats-nya belum matang. Kunci kedua: buah-buahan kering, dan kacang-kacangan sebaiknya ditambahkan belakangan ketika oats sudah matang.

Bahan-bahan utama akan saya sebutkan di resep, tapi untuk kacang dan buah, kita bisa ganti-ganti sesuka hati dan setersedianya bahan di rumah Anda yah.


Taburan granola di atas buah-buahan & susu almond.
Bahan-Bahan:
3 cups (285 gram) oat utuh* (bukan oat instan ya. Sekarang sudah mulai banyak jual di swalayan, kalau mau lebih murah bisa beli online. Sekitar 35-40rb/kilo)
1/2 cup (50 gram) tepung oat (saya pakai oat instan yang diblender sampai halus)
2 sdm minyak kelapa
1/2 cup gula aren (bisa juga separuhnya diganti dengan madu)
1 putih telur yang dikocok kaku
1/4 sdt garam laut
1/2 sdt kayu manis bubuk (opsional)
1/2 cup kelapa parut yang sudah dikeringkan (opsional)
1/2 cup biji-bijian
1 cup kacang-kacangan mentah, potong kecil-kecil lalu panggang sebentar di oven suhu rendah selama 10-15 menit, sisihkan 
1 cup buah kering, potong kecil-kecil 

Catatan:
- Untuk biji-bijian saya pakai wijen putih. Pilihan lain: kuaci, biji labu, flaxseed, chia, dll
- Kacang: saya pakai campuran kacang mete dan almond (supaya murah, saya sarankan beli online di toko yang terpercaya. Saya beli di sini).
- Buah kering: saya pakai campuran mangga kering, kismis dan fig (buah tin oleh-oleh dari Arab).
- Saya sebut resep ini bebas gluten karena memang sejatinya, oats itu tidak mengandung gluten. Namun, pada proses pembuatannya, seringkali oats diproses di tempat yang juga mengolah gandum. Sehingga, kalau mau granola yang benar-benar bebas gluten (misal: karena intoleransi atau alergi gluten), harus beli oat yang gluten-free di toko kesehatan atau di toko online)

Cara:
1. Panaskan oven hingga 160 celcius (api sedang)
2. Campur bahan kering: oat utuh, tepung halus, garam, gula aren, kayu manis bubuk
3. Masukkan minyak, aduk rata, lalu masukkan telur yang sudah dikocok kaku, aduk rata.
4. Tuang adonan ke loyang panggang yang sudah dilapisi kertas minyak, ratakan permukaannya agar matang merata.
5. Panggang sekitar 15 menit. Lalu kecilkan api oven ke pengaturan paling rendah (140 celcius di oven saya) lalu panggang lagi sekitar 20 menit. (Di tahap ini, permukaan granola akan kering, dan baunya mulai harum)
6. Matikan oven, biarkan di dalam oven sampai dingin.
7. Hasilnya akan menyerupai 'granola bar' raksasa, pecahkan seukuran yang Anda mau, lalu pindahkan ke dalam toples kedap angin.

Selamat mencoba!

Comments

Post a Comment

Popular Posts