Monday, November 7, 2016

[REVIEW] Attarine Jakarta: A Party of Spice

Souk El Attarine: a souk (market) in the medina quarter of Tunis, capital of Tunisia, that is filled with with perfumes and beauty products. 

Which supposedly, inspired the restaurant's heavy use of spices and fragrant ingredients. Fair enough.  Although I think the owner has been to the place and likes the name because it has a nice ring to it.



Either way, I finally came down to the restaurant, owned by one of the main players in Jakarta's lifestyle constellation, The Potato Head group.

As always, the restaurant that seats about 100 (give and take) has about six parking spots, and almost non-existent bike parking. This is not, the restaurant's fault, obviously. I am simply re-stating my frustration of Jakarta's ridiculousness when it comes to parking space. 

The restaurant occupies a partition-less open space that seats about 100 people, seating elbow to elbow.  As with a lot of Potato Head's design idea, the eye feasts on a mish mash of decor, floating plants, an antique micro-car centerpiece, artworks (most sourced from the owner's personal collection), colors, and energy of people. Great start.



Friday, November 4, 2016

[Coffee Talk] Bear & Co.

Hari ini saya iseng mulai bikin postingan kedai kopi favorit saya di Jakarta. 

Karena oh karena, ya ampun banyaknya kedai kopi bermunculan lima tahun belakangan ini. Saya yang awalnya biasa biasa aja sama kopi, ah lambat laun ketagihan juga keluar masuk kedai kopi. 

Tapi maaf-maaf ya, saya bukan penikmat kopi ahli, dalam arti bisa membedakan mana yang fruity, earthy, apalagi dari dataran tinggi mana kopi yang saya nikmati berasal. Ya ampun, nggak ngerti. Saya cuma cukup paham sedikit-sedikit fakta seperti kalau momok kopi itu pahit, bikin sakit perut, gak baik untuk yang sakit maag, adalah hasil pengolahan biji kopi yang kurang baik. Lalu kafein di Arabica jauh lebih rendah dari kandungan di kopi robusta. Tapi, saya akan berusaha obyektif memberikan rekomendasi tempat-tempat yang wajib dikunjungi jika kamu penggemar kopi. 

Kedai kopi pertama saya mau tulis adalah Bear & Co., yang tidak lama ini membuka kedai permanennya di daerah Jl. Veteran I, Jakarta Pusat.  





Wednesday, November 2, 2016

[REVIEW] Mandarin Oriental Jakarta's Li Feng

I don't go to fancy Chinese restaurants often, unless I got invited. Let's leave it at that.
So when recently I had an assignment to review Li Feng, the new Chinese restaurant at Mandarin Oriental, it was quite a refreshing change for me. Li Feng, is Mandarin Oriental Jakarta's Chinese restaurant which used to be Xin Hwa, that has had quite the upgrade, both in terms of design, and taste.




First, I have to be honest, I had not tried the old one, Xin Hwa. So I have nothing to compare the new one with. But I kinda have an idea.

The chefs that were given the responsibility for this face lift are Mandarin Oriental Jakarta’s Executive Chinese Chef, Chef Loy, and Chef Fei, the man behind the celebrated Jiang at Mandarin Oriental, Guangzhou, who is apparently has quite the celebrity status. In a country full of Chinese restaurants (doh), I guess a celebrity status as a Chinese Restaurant chef is quite something, no?

Saturday, October 8, 2016

[Recipe] Matcha (Green Tea) Cupcake

Click here for Bahasa Indonesia version. 


A year ago, me and some friends set up a small bakeshop in Pasar Santa, South Jakarta. This market, gained a lot of attention because it went from zero (for the longest time, it was almost dead) to be the hippest place in town, literally overnight. Call it a gentrification or whatever, but hoards of young (a lot of time stylish) business owners flowed in and enlivened the market in matters of weeks. For us, we jumped in because it was very cheap; the cheapest rent in the city, especially for upscale South Jakarta, hence the only type of rent we could afford. 

To cut the story real short, Pasar Santa was short-lived (the hype lasted for less than a year), but lots of lessons were learned. One of which is, the kind of cupcakes that young Jakartans love the most. In our case, it was the Mini Matcha Cupcakes. 

Saturday, October 1, 2016

[Resep] Berries Scones (Scones Buah Beri)

Ada yang menarik perihal makhluk bernama scones ini. Pertama saya banyak dengar pun dari buku-buku resep karangan orang Inggris, karena dari sana lah kue padat ini berasal. Scone, yang kadang dilafalkan 'skon' atau 'skoun',  pun identik dan menjadi kudapan wajib acara minum teh sore para bangsawan Inggris. Hingga ada 'paket' minum teh yang dinamakan cream tea atau Devonshire tea di daerah sekitaran Devon, Inggris, yang 'mewajibkan' untuk memasangkan teh harus dengan scones-nya.



Namun entah kenapa, scones ini pun nggak terlalu populer di Indonesia. Mungkin karena rasanya yang sangat polos, dan cara memakannya yang arus dengan clotted cream (krim yang sangat padat, dan agaknya kurang populer di Indonesia) dan selai manis. Saya pribadi, jujur belum pernah makan scones yang segitunya, jadi ya nggak pernah untuk coba buat. 

Beda dengan yang versi kedua, versi Amerika yang tidak seperti 'nenek-moyangnya' di Inggris, hampir selalu manis, bertekstur sedikit lebih lembut seperti cake, dan selalu dimodifikasi dengan berbagai tambahan seperti buah, coklat, rempah, dll. Scones Amerika ini, tidak perlu ditambah apa-apa lagi saat dinikmati. Lucunya, yang polos seperti scones Inggris sebenarnya populer juga di Amerika, tapi dinamakan biscuits, dan lebih sering dinikmati sebagai pendamping makanan gurih.

Tuesday, August 9, 2016

[Resep] Hola Granola! (Gluten-Free)


Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya saya berhasil juga membuat granola clusters (gumpalan) impian, yaitu granola yang renyah, tidak terlalu manis, dan tentu tetap sehat tanpa menggunakan tepung terigu, minyak sawit, dan tanpa penggunaan gula tebu.

Kenapa nggak beli saja sih? Memang sudah banyak produsen granola lokal yang membuat campuran granola yang tak kalah enak dengan di luar sana. Seperti misalnya merk granola favorit saya, Granola Creations asal Bali yang membuat granolanya dengan kacang-kacangan dan buah lokal, tanpa mengorbankan rasa. Tapi pada dasarnya, saya hobi berhemat; satu pak Granola Creations, harganya berkisar antara 70-80 ribu, dan hanya bisa ditemui di supermarket premium seperti Kem Chicks, Ranch Market atau Grand Lucky. Tentu akan lebih hemat kalau bikin sendiri toh?

Wednesday, June 15, 2016

[RESEP] Eclair! (Bahan dasar Choux Pastry)



Sudah pernah nyobain eclair? Kalau pernah makan yang namanya kue sus, berarti kamu pernah makan (sejenis) eclair. Eclair, secara definisi adalah kue sus atau choux yang dibentuk memanjang, dilapisi gula atau coklat leleh, lalu diisi berbagai macam isian.

Di Indonesia sendiri, kue sus lumayan juga pamornya. Dari yang otentik di patisserie mentereng hingga versi sederhana di pasar tradisional. Perbedaannya utamanya tentu pada bahan-bahan yang digunakan.